APA ITU HIV DAN AIDS?

Save You, Save Me

AIDS merupakan momok yang paling ditakuti pada saat ini. Karena hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. AIDS disebabkan oleh virus yang bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh (sistem imun) penderita, sehingga kemampuan pertahanan diri dari serangan penyakit menjadi berkurang. Apabila terinfeksi virus HIV, maka tubuh akan membentuk suatu antibodi untuk melawan virus HIV.

Untuk mengetahui seseorang terjangkit virus HIV atau tidak, maka dilakukan tes darah, yang berfungsi untuk mencari keberadaan antibodi tersebut. Apabila terdapat antibodi ini dalam tubuh, maka orang tersebut telah terinfeksi HIV. Orang yang memiliki antibodi HIV disebut ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).

Seseorang yang positif terjangkit virus HIV, belum tentu mengidap AIDS. Banyak orang dengan HIV positif tetapi tidak menunjukkan gejala sakit selama bertahun-tahun. Namun, selama tubuh terjangkit HIV, virus ini akan terus menggerogoti sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem imun tubuh telah rusak, maka berbagai jamur, virus, dan penyakit akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Bahkan virus yang biasanya tidak berbahaya pun dapat menjadi suatu penyakit yang sangat berbahaya. Ini disebut Infeksi Oportunistik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: